Cara Menghilangkan Garis Merah di Word (Semua Versi)

Pernahkah Anda terganggu oleh garis merah yang ada di Word ? Lihat disini bagaimana cara menghilangkan garis merah di word!

Siapa yang tak kenal dengan Microsoft Office dan aplikasi-aplikasi yang termasuk di dalamnya.

Saat ini bisa dikatakan setiap pengguna komputer desktop maupun laptop akan mempergunakan salah satu dari aplikasi Microsoft Office.

Microsoft Office ini sebuah program di mana bisa membantu untuk memudahkan tugas atau pekerjaan, baik dalam hal pengetikan dasar, perhitungan, hingga untuk presentasi.

Terdapat cukup banyak program yang ditawarkan oleh Microsoft Office, salah satunya yang sangat populer adalah Microsoft Word.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Microsoft Word dibutuhkan oleh banyak orang, baik dari kalangan pelajar hingga pekerja.

Namun jika diperhatikan, setiap kali kita menulis di Microsoft Word, terkadang muncul garis berwarna merah dibawah huruf-huruf yang kita ketik. Kenapa ya garis tersebut muncul?

Pada kenyataannya, ada beberapa orang yang tidak terganggu dengan hal tersebut, akan tetapi ada juga yang merasa terganggu dengan adanya garis merah setiap kali mengetik di Microsoft Word.

Untuk itu, penulis akan memberikan cara menghilangkan garis merah di Word dengan sederhana melalui artikel ini. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini, ya!

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Cara Menghilangkan Garis Merah di Word

Sebelum memulai tahap dalam cara menghilangkan garis merah di Word, pertama kita harus mengetahui terlebih dahulu tipe Microsoft Word yang digunakan di komputer desktop/laptop.

Hal ini dikarenakan pengguna Word 2016 dengan Word 2003, 2007, dan 2010 akan mempergunakan langkah dan cara yang berbeda. Mari kita bahas satu persatu di bawah ini.

Menghilangkan Garis Merah di Word 2016

Bagi kamu pengguna Microsoft Word 2016, ada langkah mudah untuk bisa menghilangkan garis merah pada Word. Kamu cukup mengikuti beberapa langkah ini:

  1. Buka dokumen Word yang ingin kamu hilangkan garis merahnya. Bisa juga dengan membuka file baru pada Microsoft Word. Setelah itu, klik pada File yang ada di bagian pojok kanan atas.
  2. Saat jendela File terbuka, akan muncul beberapa opsi menu. Sampai di sini kamu hanya perlu klik pada menu Options yang terletak pada bagian paling bawah.
  3. Jika sudah selesai, maka akan muncul jendela options yang tadi kamu pilih. Selanjutnya, kamu bisa langsung klik menu Proofing.
  4. Langkah terakhir, pada jendela proofing ini kamu bisa langsung mengatur agar garis merah di Word hilang dengan cara menghilangkan tanda checklist pada bagian pengaturan Check Spelling as You Type. Sebagai tambahan, untuk menghilangkan garis hijau, maka yang harus dilakukan adalah menghilangkan checklist di bagian Mark grammar errors as you type.
  5. Sekarang, akhiri dengan klik OK untuk menyimpan hasil pengaturan yang tadi sudah kamu ubah.

Sekarang, kamu bisa melihat semua garis merah di Microsoft Word akan dihilangkan secara otomatis.

Perlu diketahui bahwa ketika kamu melakukan setting untuk menghilangkan garis merah di Microsoft Word, maka semua dokumen Word yang dibuka di Komputer desktop / laptop kamu tidak akan muncul garis merah. Bagaimana, mudah dan praktis, kan?

Cara Membuat Nomor Halaman Berbeda di Setiap Awal Bab

Menghilangkan Garis Merah pada Microsoft Word 2010 ke Bawah

Menghilangkan garis merah di bawah karakter yang ditulis bukan hanya bisa dilakukan pada Microsoft Word 2016.

Bagi pengguna Microsoft Word 2003, 2007, dan 2010 pun bisa menghilangkan garis merah dengan mudah dan sederhana, walaupun langkah-langkahnya sedikit berbeda.

Kamu ingin tahu cara menghilangkan garis merah di Word 2010 ke bawah? Ikuti petunjuknya berikut ini:

  1. Sebagai langkah awal, kamu bisa buka dokumen Word apapun yang ingin kamu hilangkan garis merahnya. Selanjutnya adalah, tekan atau klik Office Button yang terletak pada bagian pojok kiri atas.
  2. Setelah itu, akan muncul jendela Office dengan beberapa menu yang tersedia. Untuk mendapatkan cara menghilangkan garis merah di Word, kamu bisa langsung pilih dan klik Word Options.
  3. Untuk selanjutnya, kamu bisa langsung pilih Proofing. Lalu, akan muncul beberapa opsi untuk pengaturan, di sini kamu bisa langsung menghapus checklist pada pilihan Check spelling as you type dan Grammar errors as you type. Apabila sudah, berikutnya kamu bisa langsung klik OK untuk menyimpan pengaturan yang telah diubah.

Selesai dengan langkah-langkah di atas, maka semua dokumen Word yang dibuka di komputer desktop / laptop kamu tidak akan muncul garis merah lagi.

Pada dasarnya, cara menghilangkan garis merah baik di Word 2016 atau Word lainnya sama saja, meskipun penempatan menunya sedikit berbeda.

Jadi, apakah kamu sudah berhasil menghilangkan garis merah di Word dengan tutorial di atas?

Sebagai tambahan informasi, ketika kamu menghilangkan tanda checklist pada bagian “Grammar errors as you type” ini artinya kamu juga menghilangkan garis warna hijau di Word, ya.

Hal tersebut juga berlaku untuk setiap versi Microsoft Word, baik Word 2016, 2003, 2007, maupun 2010.

Fungsi Garis Merah di Word

Mungkin diantara kamu ada yang merasa penasaran dengan maksud atau tujuan dari garis merah di Microsoft Word?

Sebenarnya, Micorosft Word bertujuan untuk mempermudah para pengguna setianya dengan berbagai macam tools dan juga simbol atau penanda yang ada di Microsoft Word.

Salah satu fitur tersebut adalah simbol atau tanda garis merah yang muncul di dokumen Word Anda.

Tujuan dari disediakannya garis merah di Microsoft Word adalah sebagai tanda sewaktu kamu mengalami kesalahan dalam mengetik, atau dengan kata lain, typo.

Setiap kata yang kamu tulis di Microsoft Word, secara otomatis program ini akan mengecek ketepatan Anda dalam menulis.

Sebagai contoh, ketika kamu salah mengetikan sebuah kata, maka Microsoft Word akan secara otomatis menghadirkan garis merah pada bagian bawah setiap kata yang dianggap salah pengetikan.

Dengan demikian, keberadaan garis merah di Word ini dapat meminimalisir kesalahan penulis dalam mengetik.

Namun yang sangat disayangkan adalah pengecekan typo ini bisa dilakukan ketika kamu mengatur regional Word di komputer desktop maupun laptop kamu.

Contohnya, apabila kamu mengatur dengan regional US alias berbahasa Inggris, maka secara otomatis program Microsoft Word ini hanya melakukan pengecekan serta koreksi untuk kata-kata berbahasa Inggris saja.

Itulah sebabnya mengapa saat kamu menulis tulisan berbahasa Indonesia, kebanyakan, bahkan setiap kata yang kamu ketik akan diikuti oleh garis merah di bagian bawah setiap katanya.

Hal itu menunjukkan bahwa pengaturan regional dalam Microsoft Word kamu kemungkinan menggunakan berbahasa Inggris dan bukan Bahasa Indonesia.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Fungsi Garis Hijau di Word

Selain garis berwarna merah, Microsoft Word juga kerap kali memunculkan garis berwarna hijau.

Bedanya, jika garis merah akan mengoreksi kesalahan dalam pengetikan atau penulisan, maka garis warna hijau ini disediakan untuk mengoreksi grammar atau tata bahasa yang kurang tepat saat kamu mengetik.

Tentu saja keberadaan garis berwarna hijau tersebut akan memudahkan kamu untuk mengetahui grammar yang kurang tepat dalam penulisan dokumen berbahasa Inggris.

Dengan begitu, kamu tidak perlu repot-repot mengecek grammar dua kali, biarkan Microsoft Word yang mengoreksinya untuk kamu.

Selesai sudah pembahasan artikel kali ini tentang cara menghilangkan garis merah di Word.

Selain menghilangkan garis merah di Word, kamu juga bisa, lho menghilangkan garis hijaunya.

Bahkan, sekarang kamu juga sudah mengetahui maksud dan tujuan dari garis berwarna merah dan hijau tersebut, bukan?

BAGIKAN

Tinggalkan komentar