Cara Mengatasi Flashdisk Minta Format Tanpa Hilang Data

Bagaimana cara mengatasi flashdisk minta format ? Flashdisk merupakan media penyimpanan yang sangat fleksibel.

Anda bisa membawanya ke mana pun karena tidak memerlukan tempat atau ruang yang luas untuk menyimpannya. Bahkan Anda cukup menyimpannya dalam saku.

Banyak orang yang menggunakan flashdisk mulai dari siswa, mahasiswa, guru hingga pekerja kantoran. Untuk kapasitas flashdisk yang ada saat ini berbeda-beda.

Bukan itu saja, bentuknya pun juga semakin ringkas yang semakin meningkatkan nilai kepraktisan dari media penyimpanan tersebut.

Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh flashdisk membuatnya semakin banyak dibutuhkan orang. Akan tetapi, terkadang ada saja permasalahan terjadi pada flashdisk.

Salah satunya adalah flashdisk yang tiba-tiba minta untuk diformat atau write protected. Kondisi ini Anda alami ketika Anda mencolokkan flashdisk ke laptop atau komputer.

Kemudian muncul notifikasi bahwa Anda diminta untuk memformat flashdisk. Sebab itu Anda harus mengatasi flashdisk minta format dengan berbagai cara.

Bayangkan jika ternyata di dalam flashdisk tersebut ada banyak data-data penting yang belum Anda pindahkan ke laptop.

Kondisi ini sudah tentu membuat Anda frustasi. Namun jangan khawatir karena kami akan memberikan solusi mengatasi flashdisk minta format di bawah ini.

Penyebab Flashdisk Minta Format

Sebelum mengetahui langkah-langkah untuk mengatasi flashdisk minta format, Anda perlu tahu apa saja penyebab masalah tersebut bisa terjadi.

File System Tak Dikenali

Penyebab pertama mengapa flashdisk minta untuk diformat adalah karena terdapat file sistem yang tidak dikenali.

Maksudnya, flashdisk mempunyai format sistem yang tidak dikenali oleh laptop atau PC. Hal ini biasanya berhubungan erat dengan sistem operasi yang digunakan.

Secara umum, sistem operasi Windows mendukung 3 jenis format yaitu NTFS, FAT32, dan juga exFAT (versi yang lebih tinggi dari FAT32).

Mungkin Anda pernah meminjamkan flashdisk Anda lalu flashdisk tersebut dicolokkan ke perangkat yang menggunakan sistem operasi Linux.

Bisa jadi pada waktu itu Anda telah memformat flashdisk tersebut ke ext2 maupun ext3 yang memang cocok dengan OS Linux.

Jadi, pada saat Anda mencolokkannya ke perangkat yang menggunakan OS Windows, maka masalah pun terjadi yaitu flashdisk Anda meminta untuk diformat.

Pengolahan File yang Terganggu

Proses pengolahan file seperti pemindahan atau penyimpanan file terganggu. Hal ini bisa mengakibatkan hilangnya data dari file tersebut adalah malah bisa menjadi corrupt.

Untuk kasus tertentu, komputer atau laptop yang mati mendadak sementara sedang melakukan transfer data ke flashdisk akan menyebabkan sistem pada flashdisk berubah menjadi RAW.

Kondisi ini juga terjadi pada saat flashdisk tiba-tiba dicabut. Hal sederhana seperti ini ternyata bisa memberikan dampak yang besar dan merugikan Anda karena flashdisk minta untuk format.

Ketika Anda mengakses flashdisk dengan mengklik kanan dan pilih Properties, maka Anda akan melihat bahwa kapasitas flashdisk menjadi 0.

Virus

Virus juga menjadi sebab flashdisk tidak bisa terdeteksi. Kemungkinan flashdisk Anda sudah terinfeksi virus dan Anda harus segera mengatasinya.

Anda bisa menscan flashdisk Anda menggunakan aplikasi antivirus yang terpecaya.

Kerusakan pada Flashdisk

Kerusakan yang terjadi flashdisk sudah tentu membuat flashdisk tersebut mengalami masalah. Ada banyak masalah yang bisa Anda alami.

Salah satunya adalah flashdisk yang tidak terdeteksi atau flashdisk meminta untuk diformat.

Maka Anda harus memperbaiki komponen yang terdapat pada flashdisk agar flashdisk bisa digunakan seperti sebelumnya.

Solusi Mengatasi Flashdisk Minta Format

cara mengatasi flashdisk minta format

Ada lima cara mengatasi flashdisk minta format yang ampuh menurut kami, antara lain:

Colokkan Flahsdisk ke Port Lain

Cara mengatasi flashdisk minta format yang pertama Anda lakukan adalah dengan mencobanya menancapkan ke port yang lainnya.

Kemampuan laptop atau PC di dalam mendeteksi USB ditentukan oleh driver. Jadi, ketika flashdisk Anda meminta untuk diformat, kemungkinan terjadi permasalahan pada saat instalasi driver.

Hal ini membuat salah satu port tersebut akan mendeteksi flashdisk Anda sebagai RAW.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba dengan mencolokkan flashdisk Anda ke port yang lain. Jika cara ini belum berhasil, maka coba cara yang lain.

Merestart PC atau Laptop

Ketika flashdisk Anda dicolokkan pada perangkat yang sudah lama menyala, kemungkinan ada error di bagian sistem.

Kondisi ini membuat PC atau laptop Anda kesulitan untuk mendeteksi flashdisk.

Selain itu, perangkat yang digunakan dalam waktu lama kemungkinan mengandung temporary files atau file sementara yang berdampak pada menurunnya kinerja perangkat tersebut.

Kondisi ini kemungkinan berdampak pada flashdisk yang minta format ketika Anda mencolokkan ke port USB.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba merestart perangkat Anda tersebut. Ketika proses restart, file-file yang terdapat pada RAM akan otomatis hilang dan perangkat Anda akan kembali berada dalam kondisi normal.

Colokkan Flashdisk ke Perangkat Lain

Cara mengatasai flashdisk minta format tanpa menghilangkan data juga bisa Anda lakukan dengan mencolokkannya ke perangkat lain.

Ini untuk mengetahui apakah permasalahan yang terjadi selama ini disebabkan oleh komputer atau laptop yang Anda gunakan atau malah disebabkan oleh flashdisk itu sendiri.

Jadi, ketika Anda mencolokkan ke perangkat tersebut dan ternyata berhasil, kemungkinan masalahnya terletak pada perangkat sebelumnya yang Anda gunakan untuk mendeteksi flashdisk.

Sebaliknya, jika ternyata flashdisk masih meminta untuk diformat maka kemungkinan besar masalah ini berasal dari flashdisk Anda.

Maka dari itu, Anda bisa mencoba cara yang sederhana ini untuk mengetahui apakah flashdisk bisa dideteksi atau tidak.

Perbaiki Melalui CMD

Jika ketiga cara di atas masih belum berhasil untuk mengatasi flashdisk minta format, Anda masih bisa mencoba memperbaiki flashdisk minta format dengan cmd berikut ini.

Cara yang Anda lakukan adalah dengan memperbaiki melalui Command Prompt. Anda bisa mengetik perintah chkdsk untuk melakukan pengecekan terhadap integrasi pada file sistem flashdisk.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Silakan masuk ke CMD. Anda bisa mengetiknya di pencarian Start Menu.
  • Setelah berada di halaman Command Prompt, maka perhatikan mengganti huruf “C” ke huruf tempat flashdisk Anda berada. Biasanya berada di huruf “C”.
  • Jika lokasi flashdisk ada di huruf F, Anda harus berpindah dari C ke F dengan mengetik perintah F: lalu Enter.
  • Langkah selanjutnya, silakan mengetik perintah chkdsk d:/f lalu tekan Enter.
    cmd chkdsk
  • Tunggu beberapa saat sampai CMD selesai menjalankan tugasnya dan proses perbaikan flashdisk telah selesai dilakukan.

Sekarang Anda bisa mengecek kondisi flashdisk Anda tersebut dengan kembali mencolokkannya ke port USB di laptop atau PC.

Sekarang seharusnya flashdisk Anda sudah berfungsi normal kembali.

Melakukan Low Level Format

Cara selanjutnya untuk mengatasi flashdisk minta format adalah dengan Low Level Format.

Cara ini terbilang mudah meskipun Anda belum pernah mencobanya. Untuk langkah-langkahnya adalah seperti di bawah ini.

  • Langkah pertama, sambungkan flashdisk lalu tekan tombol Windows + R.
  • Langkah kedua, Anda tekan diskmgmt.msc kemudian tekan atau klik OK.
  • Langkah ketiga, pilih pada bagian Storage dan klik kanan pada flashdisk. Kemudian pilih Format.
    disk management
  • Ikuti instruksi yang tertera dan tunggu beberapa saat sampai proses pemformatan selesai.

Itulah beberapa hal terkait penyebab dan bagaimana cara mengatasi flashdisk minta format terus menerus. semoga bermanfaat.

BAGIKAN

Tinggalkan komentar