Cara Reset Epson L360 Manual dan Software 100% Berhasil

Printer Epson L360 merupakan printer yang banyak diminati oleh kalayak ramai baik kantor maupun personal. Inilah cara reset epson l360 sehingga dapat memberikan performa yang bagus kembali.

Karena selain harganya yang terjangkau, printer ini juga multifungsi serta memiliki banyak fitur diantaranya scan, copy, dan print.

Namun, seringkali printer juga akan mengalami masalah sesuai dengan kurun waktu pemakaian.

Terkadang  perangkat menjadi lebih lemot merespon pengguna, seperti digunakan untuk mencetak dokumen dan lain-lain.

Hal seperti itu umumnya memang sudah wajar terjadi. Keawetan printer bukan hanya pada kualitasnya, tetapi juga tergantung bagaimana kita menggunakannya.

Apakah sudah melakukan prosedur yang benar dan memberikan perawatan yang baik.

Akan tetapi, meski sudah melakukan perawatan secara rutin bukan berarti printer tidak akan mengalami masalah, misalnya error.

Bagaimanapun juga alat atau barang yang sudah sering digunakan dan dalam jangka waktu yang lama akan berkurang juga kualitas dan masa pakainya.

Walaupun hal ini terjadi kamu tidak perlu risau. Ada beberapa cara reset Epson L360 yang akan membuat printer kamu kembali ke setelan ulang atau dalam kata lain setelan seperti baru. Apabila reset berhasil maka printer akan berjalan normal kembali.

Cara Reset Epson L360

Tetapi sebelumnya, untuk menuju langkah cara reset epson L360 kamu juga harus mengetahui kapan kamu harus mereset printer dan hal-hal apa yang perlu diperhatikan sebelum mereset printer. Berikut penjelasannya :

Kapan Printer Epson L360 Perlu Direset

Hal yang harus kamu ketahui lebih dulu adalah mengenali tanda-tanda bahwa printer harus direset. Tanda umum yang seringkali menjadi patokan orang-orang ketika akan mereset printer adalah dengan kedipan lampu.

Jika printer kamu gagal melakukan perintah atau tidak merespon perintah penggunanya, biasanya pada lampu indikator akan muncul kedipan berwarna merah.

Selain itu juga, biasanya pada layar komputer akan muncul beberapa pemberitahuan yang menandakan bahwa printer sedang tidak merespon atau minta direset.

Untuk kamu pengguna Epson L360, sama seperti printer pada umunya jika sudah mendapati tanda-tanda seperti yang disebutkan, maka perlu kamu lakukan reset pada printer sesuai dengan langkah reset Epson L360 yang benar dan tepat.

Driver EPSON

Perhatikan Ini Sebelum Mereset Printer Epson L360

Memang seringkali jika printer mengalami error maka harus direset terlebih dahulu agar dapat normal kembali. Namun, sebelum kamu mengikuti cara reset Epson L360 pada artikel ini, maka perhatikan betul seara detail masalah apa yang dialami oleh printer.

Pertama cek tangki tinta pada printer terlebih dahulu

Jika memang tinta printer habis maka isilah terlebih dahulu. Isilah tinta sampai memenuhi batas hampir maksimal. Jangan sampai salah memasukkan warna karena akan merusak cartridge pada printer.

Cek di dalam printer apakah ada kertas yang masih menyangkut

Biasanya di dalam roller printer ada sobekan kertas yang masih menyangkut. Hal ini juga bisa membuat printer error dan tidak merespon perintah untuk mencetak. Pastikan bersihkan terlebih dahulu sebelum mereset printer.

Cek isi tabung pembuangan tinta

Pada printer pastilah memiliki bagian pembuangan tinta. Fungsi dari tangki pembuangan ini adalah untuk menampung printer yang kotor dan tidak digunakan lagi selama proses printing. Jika tangki sudah penuh biasanya akan memberikan tanda untuk direset.

Pastiken pada kabel colokan sudah terpasang dengan benar

Hal terakhir yang harus kamu perhatikan sebelum mereset printer adalah mengecek kabel colokan. Pastikan kabel colokan seperti kabel power, USB, dan lain-lain sudah terpasang dengan benar.

Berikut ini cara reset epson l360 yang mudah dan bisa kamu lakukan :

Cara Reset Epson L360 Dengan Manual

Cara reset Epson L360 dengan cara manual adalah yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Namun, meski manual adalah cara yang mudah, melakukan reset printer harus dengan tahap prosedur yang benar agar tidak terjadi kesalahan dan malah merusak printer.

  1. Langkah pertama adalah matikan printer dengan memencet tombol off pada power.
  2. Setelah kamu pastiken printer mati, cabut kabel pada power dan tunggu kurang lebih selama 5 menit untuk dinyalakan kembali.
  3. Jika printer sudah mati selama sekitar 5 menit, pasang kembali kabel power lalu nyalakan printer.
  4. Tunggu beberapa saat hingga printer menyala, setelah itu tekan tombol resume dan tahan selama 5 detik (tombol resume berada di sebelah tombol power dan berwarna orange).
  5. Setelah menekan tombol resume selama 5 detik, kemudian lepas dan tekan lagi selama kurang lebih 3 detik lagi lalu lepas.
  6. Selanjutnya printer akan melakukan resest secara otomatis selama beberapa menit.
  7. Tunggu beberapa saat, jika proses reset berhasil maka lapu indikator akan berwarna hijau.

Cara Ngeprint Lewat HP

Menggunakan Resetter Epson L360

Resetter Epson L360

Selain secara manual, kamu juga bisa melakukan cara reset Epson L360 dengan cara otomatis menggunakan software.

Cara ini dianggap lebih efektif karena bisa mengatasi masalah error pada printer apabila tidak berhasil dengan cara manual.

  1. Sebelum reset epson L360, pastikan kamu memakai laptop atau komputer yang sudah menginstal driver sesuai dengan tipe printer.
  2. Selanjutnya download softwareResetter Epson L360“.
  3. Setelah proses download selesai, langkah selanjutnya adalah ekstrak file dengan klik pada tulisan exe.
  4. Kemudian pada window akan muncul tampilan aplikasi resetter yang bertuliskan “Epson Adjustmen Program“, pada tampilan tersebut klik “select” untuk memilih tipe printer kamu.
  5. Untuk model name pilih jenis printer yang kamu pakai yaitu “L360“.
  6. Selanjutnya pada kolom bertuliskan “port” kamu juga harus memilih tipe printer L360, jika tidak ada nama printer yang sesuai maka biarkan “auto selection“.
  7. Kemudian setelah opsi model name dan port pada kolom terisi, klik “ok” pada tampilan yang berada di pojok kanan bawah.
  8. Setelah itu akan kembali pada tampilan sebelum kamu meng-klik tulisan “select“, pada tampilan tersebut pilih button yang bertuliskan “Particular Adjusment Mode” berada di sebelah kanan.
  9. Setelah kamu klik akan muncul tampilan dengan beberapa opsi, lalu pilih “Waste Ink Pad Counter” kemudian klik “Ok“.
  10. Setelah kamu klik akan muncul tampilan baru lalu checklist pada kolom kecil sebelah kiri tulisan “Main pad counter” sampai muncul tanda centang dan klik “check“.
  11. Kemudian centang lagi kotak “Main pad counter” lalu klik “initialize“.
  12. Tunggu beberapa saat setelah proses reset berhasil akan muncul beberapa notifikasi biasanya “Please turn off the printer“, lalau klik “finish“.
  13. Setelah itu matikan printer dan nyalakan kembali.
BAGIKAN

Tinggalkan komentar