Cara Mengatasi HP Bootloop di Android

Cara Mengatasi HP Bootloop di Android | Simpang Jalan – Jaman semakin canggih, spesifikasi handphone juga akan semakin tinggi. Akan tetapi, secanggih-canggihnya sebuah handphone yang memiliki fitur yang mumpuni, tidak ada gunanya jika handphone tersebut mengalami bootloop atau biasanya dikatakan gagal booting. Selain sim card tidak terbaca atau play store yang tidak bisa dibuka, masalah hp bootloop pada android ini kerap menjadi momok bagi pengguna Android.

Salah satu masalah yang paling fatal terdapat pada Android yaitu masalah tidak bisa masuk ke menu. Permasalahan yang terdapat pada sistem operasi android yang cukup sering dikeluhkan oleh para penggunanya adalah hp yang gagal masuk ke menu utama. Secara umumnya, hp yang mengalami gagal booting ini merupakan kerusakan pada sistem operasi android yang menyebabkan perangkat anda gagal memuat start-up. Sehingga aplikasi atau inti dari sistem operasi tidak dapat masuk kedalam menu. Cara mengatasi hp bootloop ini dapat di implementasikan pada android dengan merek xiaomi asus oppo, vivo ataupun merek lainnya.

Cara Mengatasi HP Bootloop

cara-mengatasi-hp-bootloop-di-android

Bootloop merupakan kesalahan yang terdapat pada perangkat lunak android anda. Ciri-ciri android anda terkena permasalahan bootloop yaitu ketika membuka android anda maka hanya akan menampilkan logo Android (stuck di logo android) pada layar yang secara berulang-ulang. Jika anda mengalami hal ini, maka jangan terlalu panik atau terburu-buru memperbaikinya ke tempat servis dikarenakan membutuhkan biaya yang tidak sedikit, sedangkan anda dapat memperbaikinya secara sendiri apabila anda sudah membaca tulisan kami mengenai cara mengatasi hp bootloop di android ini..

Secara umum, penyebab gagal booting (bootloop) terjadi ketika android anda mengalami upgrade sistem operasi. Bisa saja karena ketika pada saat instalasi, handphone anda mengalami crash / mati karena tidak ada daya. Atau bisa juga karena berkas yang diunduh tidak lengkap disebabkan oleh koneksi yang terputus-putus. Permasalahan hp gagal booting sendiri memiliki tiga bagian yaitu Light (Kecil), Medium (Sedang), Hard (Besar/Kuat).

Cara mengatasi hp bootloop tanpa pc pada umumnya hanya dilakukan apabila sistem operasi gagal booting yang ringan, sehingga anda hanya memerlukan teknik menekan tombol yang terdapat pada ponsel android Anda. Akan tetapi, jika sistem operasi yang terdapat pada android anda cukup terlalu parah maka harus dilakukan dengan cara flash android atau biasanya disebut dengan install ulang sistem operasi (os) android.

Light Bootloop

Light yang artinya ringan merupakan masalah bootloop yang paling sering terjadi namun mudah di atasi. Sebagai contohnya jika anda menggunakan ponsel untuk bermain game ataupun menginstall sebuah aplikasi atau sedang menonton film, tiba-tiba handphone anda restart sendiri. Hal tersebut bisa saja karena kepanasan yang terjadi pada ponsel anda karena tidak diistirahatkan.

Cara Mengatasinya

Biasanya dengan cara melepas baterai yang terdapat pada ponsel anda, lalu memasangnya kembali serta menghidupkannya maka ponsel android anda akan normal. Tetapi alangkah baiknya untuk mencabut baterai nya dan diamkan sekitar 5 hingga 20 menit agar ponsel anda tidak terlalu panas.

Medium Bootloop

Permasalahan yang terjadi pada Medium Bootloop yaitu terjadi kesalahan ketika pengguna ponsel tersebut mengotak-atik fitur yang terdapat pada android sehingga masuk ke dalam recovery system. System recovery merupakan salah satu yang terpenting dan tidak boleh diganggu apabila tidak mau kerusakan yang lebih parah. Ketika Anda sudah melakukan rooting pada ponsel android anda, itu berarti sistem yang anda otak-atik dapat mengalami kesalahan total sehingga membuat sistem operasi android anda tidak dapat me-reset sesuai pabrik sehingga anda diwajibkan untuk melakukan instalasi sistem operasi android secara manual.

Cara Mengatasinya

Jika anda sudah mengotak-atik sistem operasi, maka anda harus memerlukan sebuah PC atau laptop yang digunakan untuk melakukan backup. Apabila anda sudah pernah melakukan backup data ROM yang terdapat pada ponsel android anda. Maka salah satu caranya yaitu melakukan check ke akun google anda apakah pernah terbackup atau belum. Jika tidak ada file backup, maka dipastikan anda harus melakukan instalasi ulang sehingga data yang terdapat pada android akan menjadi semula alias hilang.

Baca juga :

Hard Bootloop

Hard Bootloop merupakan gagal booting yang paling parah ataupun paling tinggi yang terjadi akibat aktivitas kita saat mengganti ROM yang berbda sehingga terjadi kesalahan saat meng-compile APK.

Cara Mengatasinya

Salah satu cara mengatasi hp bootloop yaitu dengan melakukan factory reset. Bagaimana caranya? Silahkan simak dibawah lebih lanjut.

Anda dapat menggunakan cara pertama dibawah ini, jika gagal maka cobalah cara kedua.

  • Salah satu cara yaitu dengan mengembalikan ponsel anda ke pengaturan pabrik atau biasa disebut dengan Factory Reset. Tapi, androidnya kan mengalami gagal booting, jadi bagaimana cara masuk ke factory reset? maka anda harus masuk ke mode recovery.
  • Untuk cara masuk kedalam mode recovery maka anda cukup menekan tombol “Home + Volume Up + Power” secara bersamaan hingga beberapa detik. (NB : pada umumnya untuk masuk kedalam mode recovery yaitu dengan cara yang berbeda-beda, oleh karena itu silahkan baca dibawah mengenai cara masuk ke mode recovery bedasarkan merk smartphone).
  • Jika anda sudah berhasil masuk ke dalam “Recovery Mode” maka, untuk mengeksekusi anda cukup menggunakan tombol volume dan tombol power. Silahkan arahkan ke “Wipe Data / Factory Reset” dan tekan tombol power sebagai tombol Ok
  • Setelah itu maka arahkan ke tombol Yes > Delete All Users Data dan tekan tombol power. Biasanya, beberapa perangkat akan memberikan pesan informasi, tetapi ada juga yang langusung saja melakukan restart.
  • Jika android anda tidak mengalami restart maka silahkan arahkan ke opsi “Reboot System Now” dan tekan tombol power, maka perangkat android anda akan melakukan restart.

Cara Masuk Ke Mode Recovery

cara-masuk-recovery-mode

HTC
Power + Volume Down + Power On (secara bersamaan sampai muncul recovery mode)

LG
tombol Home + Volume Up + Power

ADVAN VANDROID
Power + Tekan Volume Down sampai keluar gambar Android dan tanda segitiga lalu tekan tomboh Home

Samsung
Galaxy Gio / Fit / Mini / ACE: Home + tombol Power
Galaxy Young / young duos / Pocket: Tekan tombol Home + Volume Up + Power

HUAWEI
tombol Power + volume up + Tombol Power

Andromax
tombol Home + Volume Up + Power

CROSS
Power + Volume DOWN

Jika cara di atas belum berhasil, maka lakukan cara dibawah ini :

Karena terlalu parah maka salah satu cara mengatasinya yaitu harus menggunakan Laptop Atau PC sehingga anda dapat melakukan penginstallan sistem operasi android atau melakukan flashing rom pada android. Akan tetapi anda harus mengerti bahwa merek dan tipe ponsel anda harus sesuai dengan sistem operasi android sehingga proses flashing pada android juga akan berjalan dengan lancar.

Demikian ulasan kami mengenai bagaimana cara mengatasi hp bootloop pada android, semoga bermanfaat bagi anda semua. Apabila pertanyaan, anda dapat mengajukan ke halaman facebook kami “Simpang Jalan“.

5 (100%) 12 votes

Tags: